Senin, 03 Mei 2010

SISTEM INFORMASI PERBANKAN

adalah merupakan suatu sistem yang berfungsi sebagai informasi mengenai dunia perbankan (kegiatan yang berkaitan dengan penukaran uang) atau sering disebut BANK. Bank merupakan sebuah tempat dimana uang bisa disimpan dan dipinjamkan.

* Sejarah Perbankan –>

Sejarah mencatat asal mula dikenalnya kegiatan perbankan adalah pada zaman kerajaan tempo dulu di daratan Eropa. Kemudian usaha perbankan ini berkembang ke Asia Barat oleh para pedagang. Perkembangan perbankan di Asia, Afrika dan Amerika]] dibawa oleh bangsa Eropa pada saat melakukan penjajahan ke negara jajahannya baik di Asia, Afrika maupun benua Amerika. Bila ditelusuri, sejarah dikenalnya perbankan dimulai dari jasa penukaran uang. Sehingga dalam sejarah perbankan, arti bank dikenal sebagai meja tempat penukaran uang. Dalam perjalanan sejarah kerajaan tempo dulu mungkin penukaran uangnya dilakukan antar kerajaan yang satu dnegan kerajaan yang lain. Kegiatan penukaran ini sekarang dikenal dengan nama Pedagang Valuta Asing (Money Changer). Kemudian dalam perkembangan selanjutnya, kegiatan operasional perbankan berkembang lagi menjadi tempat penitipan uang atau yang disebut sekarang ini kegiatan simpanan. Berikutnya kegiatan perbankan bertambah dengan kegiatan peminjaman uang. Uang yang disimpan oleh masyarakat, oleh perbankan dipinjamkan kembali kepada masyarakatyang membutuhkannya. Jasa-jasa bank lainnya menyusul sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat yang semakin beragam.

* Contoh Sistem Aplikasi Perbankan

- ATM = AUTOMATIC TELLER MACHINE / Mesin Anjungan Tunai.

Pengertian ATM menurut Allen H. Lipis dalam bukunya Perbankan Elektronik (1992 : 8) adalah “Alat kasir otomatis tanpa orang, ditempatkan didalam atau di luar perkarangan bank yang sanggup untuk mengeluarkan uang tunai dan menangani transaksi-transaksi perbankan yang rutin.”

Jenis ATM (Fisik)

Pada umumnya ATM dapat dibedakan Menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Menempel pada dinding
  2. Berdiri sendiri dalam satu kesatuan :
  • On Premise ATM yaitu mesin ATM yang berada pada gedung yang sama dengan bank yang bersangkutan.
  • Off Premise ATM yaitu mesin ATM yang berada di luar gedung bank yang bersangkutan atau di tempat tempat umum.

Jenis ATM (Transaksi)

  1. ATM BCA multifungsi -> berbagai transaksi perbankan
  2. ATM BCA Tarik Tunai
  3. ATM BCA Non-Tunai
  4. ATM BCA Setoran Tunai

(contoh diatas mengambil contoh ATM pada BANK BCA)

Sistem Pengoperasian ATM.

1. Pengoperasian secara Offline -> mesin ATM tersebut tidak dihubungkan dengan computer sentral tetapi mesin tersebut beroperasi tersendiri.

2. Pengoperasian secara Online

3. Pengoperasian secara Bersama

Keunggulan ATM.

Keunggulan adanya ATM bagi nasabah dan bank :

1. Menghemat waktu

2. Mudah dijangkau

3. Biaya relative murah .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar